Cara Menggunakan Twitter Untuk Mempromosikan Bisnis Online

gunakan twitter untuk mengembangkan bisnis online
Twitter saat ini telah menjadi sebuah social media yang sangat terkenal. Pada dasarnya konsep dari Twitter ini adalah sebuah mini blog yang membuka sistem untuk saling mengikuti status dari masing-masing penggunanya. Sistem inilah yang kemudian digunakan oleh sebagian orang untuk mengembangkan bisnis online mereka.

Kali ini saya mencoba untuk berbagi tips menggunakan twitter untuk mempromosikan bisnis online anda. Ini tidak rumit, dan hanya terdiri atas 9 langkah saja. Jadi langsung saja kita mulai....

1. Gunakan Brand Pada Nama Akun Twitter

Sebaiknya anda menggunakan akun yang berbeda jika ingin mempromosikan bisnis yang berbeda. Kenapa? Karena untuk setiap akun twitter yang dibuat untuk kepentingan bisnis sebaiknya menggunakan merek atau brand sebagai nama akun twitter. Ini ditujukan untuk membangun kesan profesional dalam mengembangkan usaha ini secara online.

2. Personalisasi Tampilan Akun Twitter Anda

Ini juga salah satu usaha yang penting dilakukan untuk menambah profesionalisme pada akun tersebut. Di mana anda menggunakan latar atau tampilan yang rapi dan elegan. Sangat dianjurkan untuk memasang gambar logo atau nama perusahaan anda pada akun twitter yang anda buat untuk kepentingan promosi bisnis anda secara online.

3. Perhatikan Isi Dari Postingan Promosi Bisnis Anda

Apa yang anda tulis pada dinding twitter itu sangat penting. Pastikan anda menggunakan kata-kata yang mengusik rasa ingin tahu dari yang membacanya. Biasanya itu berupa pernyataan yang mengungkit masalah yang mungkin dialami oleh pembaca dan anda mengklaim mempunyai solusi untuk itu.


4. Cari Tahu Trend Saat Ini Dan Penuhilah

Setiap bisnis pada umumnya mengalami masa-masa perubahan trend. Anda bisa memanfaatkan Google Reader untuk mengetahui apa yang lagi menjadi topik hangat yang terkait dengan bisnis yang lagi anda tekuni, dan lakukan postingan promosi yang mengungkit hot topik itu didalamnya.

5. Kenali Masa-Masa Ramai Pembaca Twitter

Ada waktu di mana Twitter sangat ramai dikunjungi oleh banyak orang. Seperti pagi hari, istirahat siang, dan jam malam. Ini adalah waktu yang sangat baik untuk memposting status anda. Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika pada saat jam ramai ini anda juga sedang sibuk? Tentunya dengan demikian anda akan kesulitan mempromosikan bisnis anda. 

Untungnya saat ini ada situs-situs yang membantu menjadwalkan postingan anda seperti http://twuffer.com/. Dengan menggunakan situs seperti ini anda bisa menerbitkan postingan di jam ramai walaupun anda sedang sibuk.

6. Miliki Blog Untuk Penjelasan Detail

Twitter ditujukan hanya untuk menjaring rasa ingin tahu dari pembacanya, tapi tetap saja anda harus menggunakan website atau blog untuk penjelasan yang lebih lengkap. Oleh karena itu sebaiknya anda juga membuat blog yang membahas bisnis anda, sebagai tindak lanjut dari promosi anda di twitter.

7. Jangan Ragu Merekomendasikan Situs Lain

Sangat penting untuk memberi kesan yang jujur dan tulus kepada orang lain. Oleh karena itu jika anda tidak mempunyai pembahasan yang dibutuhkan, dan anda mengetahui situs yang menyediakan pembahasan itu, maka arahkanlah pembaca twitter anda menuju situs tersebut. Ini akan membangun rasa percaya yang baik antara pembaca dan anda sendiri. Rasa percaya ini nantinya yang akan menghidupkan bisnis anda.

8. Bangun Kepercayaan Dengan Follower Twitter Anda

Jika anda terus melakukan tahap 7 di atas, maka suatu saat dalam waktu yang tidak terlalu lama anda akan menjadi orang yang dipercayai banyak orang untuk niche tersebut. Kesan kuat, dan terpercaya ini terbangun karena anda terlihat mempunyai banyak referensi dan tidak semata-mata mengejar untung saja. Jadi walaupun mereka membaca infonya dari blog orang lain, tapi pada akhirnya bisnis hanya akan terjadi dengan pribadi yang mereka percayai.

9. Dapatkan Email Dari Pengunjung Twitter Yang Mampir Ke Situs Anda

Orang Indonesia masih banyak yang belum terbiasa dengan sistem ini. Padahal memperoleh email itu akan membangun potensi pasar di kemudian hari. Tapi bagi anda yang menganggap email sudah ketinggalan zaman, maka anda bisa juga mengajak pengunjung situs anda untuk menambahkan anda di social media lainnya seperti facebook.

Masalah terbesar dari menggunakan Twitter adalah membangun popularitas. Jadi sebaiknya anda menggunakan 1 bulan pertama untuk fokus menjaring follower, entah dengan memposting status yang mungkin akan dibagikan orang lain atau bisa juga dengan saling follow. Ini sangat penting untuk melancarkan promosi bisnis online anda menggunakan mini blog bernama twitter ini.