Cara Membuat Android Lebih Cepat

Cara membuat android lebih cepat dengan menonaktifkan beberapa hal
Cara membuat android lebih cepat pada dasarnya cukup sederhana. Teknik ini perlu teman-teman ketahui karena seperti sistem OS pada umumnya jika semakin lama digunakan maka akan semakin berat dalam membuka aplikasi atau berpindah antar aplikasi.

Buat Android Lebih Ringan Dengan Menghapus Aplikasi Tidak Penting

ini adalah metode yang cukup umum di mana kita bisa mengurangi aplikasi yang ada di dalam sistem android itu sendiri. Anda bisa melakukan uninstall untuk membersihkan sebagian ruang penyimpanan. Selain itu anda juga bisa memindahkan file-file multimedia ke dalam memori card atau cloud storage seperti dropbox dan Google drive.

Untuk melakukan uninstall anda bisa masuk ke menu SETTINGS > APP dan pilihlah aplikasi yang ingin anda hapus. Jika tidak bisa dihapus maka anda bisa membuanya non-aktif saja atau disable. Kalau SD card masih punya ruang yang lumayan besar, maka anda bisa memindahkannya ke SD card. Caranya SETTINGS > APP > MOVE TO SD CARD.

Bersihkan Data Cache

Data dari cache seringkali menjadi penyebab lambatnya android. Jadi anda bisa membersihkan data cache ini untuk membuatnya lebih cepat. Untuk menghapus cache anda bisa melakukannya dengan menggunakan menu Apps. Atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pembersih yang tersedia di Google Play Store. beberapa aplikasi yang bisa anda pertimbangkan adalah Cache Cleaner dan Clean Master yang tersedia gratis untuk diunduh.

Batasi Penggunaan Widget

Bagi banyak orang menampilkan banyak widget itu memberi kesan canggih. Tapi tetap perlu diingat bahwa widget ini juga bisa menguras baterai, dan memberatkan android anda. Untuk menghapus widget yang tidak begitu penting silahkan tekan dan tahan lama di widget lalu geser ke atas untuk menghapusnya.

Hapus Live Wallpaper Agar Android Tidak Lemot

Ini adalah fitur yang cukup keren, tapi bisa membuat android menjadi berat dan lambat. Bukan hanya itu saja, fitur ini juga membuat baterai cepat habis. Jadi sangat disarankan untuk mengganti wallpaper anda. Caranya cukup dengan menekan lama pada layar home android anda.

Nonaktifkan Animasi Pada Android

non aktifkan animasi peralihan untuk membuat android lebih ringan
Ini adalah pengaturan yang bisa anda temui di menu SETTINGS > About Phone > tap Build Number sebanyak 7 kali. Dengan ini anda akan bisa mengakses pilihan developer untuk memperbaiki kinerja dari Android. 

Silahkan buka menu Settings > Developer options > Drawing option, di sini anda akan bisa mematikan Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Pengaturan ini akan menonaktifkan animasi yang seharusnya muncul saat anda membuka, menutup atau berpindah antar aplikasi. 

Jangan Lupa Melakukan Update Android

Dengan melakukan update anda bisa mendapatkan proteksi sistem terbaru, dan juga perbaikan bug yang bisa meningkatkan kinerja dari android anda. Coba lakukan ini dengan memeriksa Settings > About Phone > System Updates

Rooting, ROMing

Cukup banyak pengguna Android yang mau melakukan rooting untuk meningkatkan kinerja dari Androidnya. Dengan melakukan ini anda akan bisa melakukan overclock pada processor, menginstall custom ROM dan lain sebagainya. Tapi perlu anda perhatikan bahwa ini juga akan membuat anda kehilangan garansi resmi dan parahnya lagi jika ini justru mengakibatkan kerusakan pada android yang anda miliki.

Mudah-mudahan dengan melakukan beberapa cara di atas anda bisa membuat android anda menjadi lebih cepat.