Cara Melakukan Pencarian Di Google

Cara melakukan pencarian di Google sebenarnya cukup luas. Banyak orang mengira mencari di Google itu sederhana saja, padahal sebenarnya pencarian itu memerlukan teknik tersendiri untuk membantu anda menemukan apa yang anda cari di antara triliunan halaman teridex.

Melakukan Pencarian Google Pada Seluruh Web

Pencarian Melebar

Untuk melakukan pencarian melebar sangatlah mudah, karena inilah bentuk pencarian yang paling standar. Yang perlu anda lakukan hanyalah memasukkan kata kunci yang anda cari apa adanya pada kolom pencarian Google. Lihat contoh di bawah ini.
melakukan pencarian melebar pada google
Dengan memasukkan kata kunci di atas, maka semua halaman yang menayangkan salah satu saja dari ketiga di atas akan masuk dalam hasil SERP. Tapi tentu saja yang menayangkan ketiga kata tersebut akan ada di hasil pencarian terdepan.

Pencarian Frasa

Ini adalah pencarian yang lebih spesifik di mana Google hanya menampilkan hasil pencarian yang benar-benar mengandung susunan kata yang sama persis dengan kata-kata yang dibatasi dalam tanda kutip. Jadi kalau anda menginginkan hasil pencarian yang benar-benar mengandung susunan kata tersebut, gunakan metode ini.
melakukan pencarian frasa yang sama persis susunan katanya
Metode ini banyak dilakukan untuk membantu berburu backlink yang saat ini lazim disebut footprint. Bagi anda pengguna SEO harus banyak mempraktekkan pencarian frasa ini.

Cara Melakukan Pencarian Dengan Berpatok Pada URL

Terkadang kita membutuhkan hasil pencarian yang menargetkan website-website dengan karakteristik URL tertentu. Oleh karena itu Google menyediakan 2 operator seperti inurl dan site.

Melakukan Pencarian Dengan Metode INURL

Metode yang satu ini bisa digunakan untuk mencari website-website yang mempunyai karakteristik tertentu. Misalnya anda mencari website-website dari bravejournal, maka anda bisa memasukkan kode seperti gambar di bawah ini.
melakukan pencarian di Google dengan menggunakan inurl
Metode ini juga bisa dipakai untuk menyingkirkan website tertentu dari hasil pencarian. Misalnya anda melakukan pencarian KOMPUTER dan ingin menyingkirkan WIKIPEDIA dari hasil, maka masukkan kueri seperti di bawah ini.
menyingkirkan situs tertentu dari hasil pencarian
Tanda minus di depan inurl itulah yang menyingkirkan wikipedia dari hasil pencarian....

Melakukan Pencarian Dengan SITE

Kalau operator site ini spesifik menampilkan hasil dari satu blog atau website tertentu. Misalnya anda mau mencari semua halaman terindex dari blog ini, maka anda cukup memasukkan kueri di bawah ini ke dalam Google.
mencari hasil pencarian dengan menggunakan operator site
Kalau anda mau menyingkirkan halaman arsip dari hasil pencarian, maka bisa mencoba menambahkan kode -inurl:archive di belakang kueri di atas.

Menggunakan Fitur Alat Pencarian Google

Selain menyediakan operator, Google juga menyediakan Tool pencarian yang bisa memfilter hasil pencarian menurut waktu terindexnya. Untuk melakukan ini klik ALAT PENCARIAN di atas hasil pencarian. Carilah pilihan SEMBARANG WAKTU dan klik.

Jika sudah, maka pilihlah batasan waktu yang anda inginkan. Jika tidak ada maka klik rentang tertentu untuk menentukan batas waktu yang anda inginkan. Fitur ini akan sangat membantu jika anda mau melihat sebanyak mungkin hasil terindex dari Google.
gunakan alat pencarian untuk membatasi hasil pencarian
Demikianlah teknik menyeleksi hasil pencarian yang bisa anda kembangkan untuk mendapatkan hasil pencarian yang anda inginkan.